MANHOLE COVER | TREE GRATES & STORM INLET GRATES




1. MANHOLE COVER  ( PENUTUP LUBANG PETUGAS )

Fungsi: Manhole Cover  adalah penutup lubang untuk tenaga manusia melakukan tindakan perawatan saluran riol kota, misalnya jika terjadi penyumbatan sampah atau untuk mengeluarkan endapan lumpur.

Di beberapa kota maju di dunia, saluran riol kota juga menjadi rumah bagi jaringan utilitas kota seperti air bersih, listrik, telepon fiber optic, hingga pipa gas. Semakin komplek fungsi saluran riol bawah Tanah, maka semakin penting fungsi Manhole Cover.


                                      Gbr #1 & 2 : Referensi Manhole Cover di Baltimore dan Boston USA
           Gbr #3 : Gambar potongan  Manhole . Manhole yang baik adalah Manhole yang memberikan ruang
                          gerak yang cukup bagi tenaga maintenance saluran riol untuk melaksanakan tugasnya.


Nilai tambah:
PLANZ  mendesain dengan artistik, mempelajari dan  menyesuaikan seni ragam hias daerah setempat sebagai bagian dari kearifan local.
Dengan tetap mengikuti persyaratan teknis seperti standar kuat tekan, stnadar diameter lubang (*direkomendasikan min. 60cm), PLANZ telah menghasilkan bermacam-macan MANHOLE COVER di beberapa Kota di Indonesia, dengan didukung oleh tenaga desainer berpengalaman, mesin, manajemen dan teknisi iron cast berstandar ISO, dan laboratorium pengujian. 

Bekerjasama dengan Lab ITS Surabaya, PLANZ secara regular mengkalibrasi kualitas iron cast sebelum digunakan di lapangan.

Iron Cast merupakan pilihan material yang tepat, digunakan hampir di seluruh Kota Maju di dunia  karena karakternya yang mudah dibentuk; memiliki titik lebur yang relatif rendah ( 1100 - 1200 Derajat Celcius), tidak mudah berkarat/ aus dibanding baja jenis lainnya, dan yang paling penting adalah tidak mudah berdeformasi / berubah bentuk atau dengan kata lain memiliki bending strength yang sangat baik.

Best Practise: Dikarenakan Manhole Cover kerap kali dilintasi pejalan kaki, ataupun sepeda bahkan pada kasus tertentu dilintasi sepeda motor dan kendaraan berat maka harus diperhatikan bahwa permukaan Manhole Cover sejajar dengan lintasannya sehingga tidak berpotensi menjadi hazard kecelakaan / injury.



Gbr #4 : Manhole Cover di lintasan pedestrian.

Manhole cover di zona pedestrian dan lintasan kendaraan ringan beroda tanpa mesin (sepeda, skateboard, balanced wheel ataupun skuter angin) harus didesain dengan grip permukaan yang baik agar tidak berpotensi membuat pengguna tergelicir.


Gbr #5: Kendaraan ringan beroda tanpa mesin, semakin diminati masyarakat urban. Dengan semakin baiknya transportasi publik, kesadaran Go Green (*karena kendaraan ringan ini digerakkan listrik) maka komuter banyak menggunakannya  untuk pergerakan jarak  >2km; yang merupakan jarak optimum dari stasiun MRT ke moda pengumpan (feeder) seperti Bus / LRT/ Monorail atau dari stasiun feeder tersebut ke tempat tujuan akhir  komuter. 


Grip berguna agar roda tidak kehilangan traksi karena licin; pada saat kering maupun pada saat terpapar air (*dalam hal ini terpapar air hujan).
Grip pada Manhole Cover Iron Cast dicapai dengan mendesain embosement pada permukaan. Namun perlu diingat, embosement yang berlebihan pada permukaan Mainhole Cover justru dapat berpotensi menjadi hazard kecelakaan / injury.

Gbr #6 : Skateboard masih diminati anak muda hingga kini, sejak remaja California USA tahun 70-an merubahnya ke level yang lebih tinggi menjadi gaya hidup . Kini skateboard bukan hanya soal hobby dan olahraga, juga merambat ke fashion street, musik, dan budaya pop lainnya. Kota yang baik adalah kota yang memberikan ruang lintas dan bermain untuk gaya hidup yang satu ini.


PERHATIAN: Upaya Grip dengan konsep grill; batang lurus berjarak, di beberapa Kota Dunia sudah dilarang, karena pada beberapa kasus membahayakan pengguna sepeda dimana roda sepeda kerap terjebak diantara jarak batang /grill nya. 



Gbr #7: Manhole Cover ataupun aksesoris lainnya di beberapa kota maju sudah melarang penggunaaan Manhole Cover berbentuk grill (batang berjarak sejajar) dikarenakan tingginya kecelakaan bagi pengguna sepeda. 

            Gbr #8 : Gambar desain Manhole Cover PLANZ untuk Kota Makassar. Allrights Reserved.




              Gbr #9 : Foto tampilan Manhole Cover Makassar untuk pedestrian. Allrights Reserved.



  
* Penting:
Standar min. Bending strength antara Manhole Cover di pedestrian berbeda dengan mainhole cover di jalan raya ataupun highway (jalan bebas hambatan yang dilalui truk berkapasitas besar).
Bending Strength yang tepat dicapai dengan pengalaman dan uji tes berulang ulang. Pengtahuan akan racikan komposisi baja tuang (Iron cast);  Fe (besi), carbon , silicon, dan material-material adiktif lainnya adalah bagian dari pengalaman kami bertahun-tahun membuat Manhole Cover.






    Gbr #11 & #12: Foto tampilan Manhole Cover di Jepang berbahan Iron Cast sebagai referensi desain.



_____________
* untuk konsultasi & desain, silahkan menghub. kami di 0821 8877 6999


2.  HANDHOLE COVER ( PENUTUP LUBANG TANGAN)

Sama seperti Manhole cover, karakter dan fungsi Handhole Cover harus bias menutup dengan baik, tidak mengganggu jalur lintasan pejalan kaki, kendaraan ringan beroda, dan kendaraan bermotor berat .

Kebutuhan akan Handhole Cover tercipta karena tidak semua perawatan dan kontrol harus dilakukan dengan cara tenaga perawatan masuk ke lubang saluran riol / terowongan.
Sistem utilitas yang baik, harus mudah dikontrol dan dirawat dengan cara meletakkan posisi alat kontrol (dapat berupa control valve untuk saluran air dan gas, panel-panel controller berbasis mekanis maupun elektronik) dekat dengan permukaan pedestrian atau jalan agar mudah  dan cepat bagi tenaga perawat melakukan pengecekan dan perbaikan.

Untuk melakukan kegiatan pengecekan dan perbaikan dengan praktis, maka lubang control tidak perlu besar seperti halnya Manhole Cover, cukup dengan memenuhi ruang gerak tangan dan visual bagi petugas saat melakukan pengecekan, perawatan ataupun troubleshooting (mencari sumber masalah / kerusakan sistem).



Gbr #13 : Petugas membukan Handhole Cover di lintasan jalan raya
Gbr #14 : Control Valve untuk mengatur arus flow air di sistim plumbing .


Untuk melakukan tugasnya, Handhole Cover harus memiliki karakter yang sama dengan Manhole Cover, antara lain: kuat tekanan saat dilalui kendaraan atau diinjak pejalan kaki, tahan lama / tidak mudah aus, planar ( rata terhadap lintasan) dan memiliki grip untuk traksi roda supaya tidak licin.

Gbr #13: Foto Handhole Cover di  Jepang dan New York USA.









Handhole Cover adalah bagian dari system control dan perawatan jaringan utilitas kota seperti sistem pipa gas, pipa air bersih, pipa air penyiram taman (*yang di kota-kota besar dunia biasanya berasal dari tangkapan  air hujan dan hasil recycle air kotor), system fiber optic komunikasi dan utilitas kota lainnya. 

_______________

* untuk konsultasi & desain, silahkan menghub. kami di 0821 8877 6999



3.  TREE GRATES ( GRILL POHON)

Tree Grates berfungsi untuk melindungi akar pohon dari pijakan pejalan kami atau kendaraan yang melintasi akar pohon.
Alih-alih memblokir akar pohon, tumbuh kembang pohon dapat tetap dipertahankan dengan memberi ruang tumbuh di bawah Tree Grates tanpa terganggu tekanan pijakan pejalan kaki atau traksi roda kendaraan ringan seperti sepeda, skateboard, skuter angin, atau balanced wheel yang melintasi  akar pohon.



Tree Grates memberikan solusi teknis mempertahankan pertumbuhan pohon dengan baik dan sekaligus  menjadi elemen estetika pedestrian maupun lingkungannya .
Bahkan pada beberapa desain kami, Tree Grates atau disebut Grill Pohon, dapat berfungsi sebagai literasi budaya dan seni. Kemajuan teknologi produksi , SDM yang berpengalaman dan berkompeten, memungkinkan kami untuk memproduksi Tree Grates yang kaya dengan seni ragam hias, aksara berkonten kearifan lokal, literasi budaya dan pencapaian estetika dialetis yang dapat kita gali menyesuaikan lingkungannya.


Selain dari desainTree Grates yang kami paparkan di atas, pendekatan estetika Tree Grates juga dapat dicapai dengan peruntukannya sebagai chasing / tempat pelindung  lampu sorot ke bentuk fisik pohon yang memberi efek dramatis sekaligus highlight ( penegasan) ke estetika trimatra (3 dimensi) pohon tersebut.



Seperti halnya Manhole Cover dan Handhole Cover, permukaan Tree Grates harus memiliki grip untuk menghindari kecelakaan bagi pejalan kaki ataupun komuter kendaraan beroda ringan dan tentu saja memenuhi standar kuat tekan atas beban hidup yang mungkin melintasinya.





Satu hal yang penting yang kerap dilupakan adalah bahwa Tree Grates sejatinya adalah pelindung pohon itu sendiri, bukan penjara bagi pohon. Dari filosofi ini, maka dapat dirumuskan bahwaTree Grates tidak boleh dibuat kaku-mengunci sehingga mempersulit perawatan  pohon.
Tree Grates harus didesain dengan ruang napas, meneruskan air hujan ke akar pohon dan mudah dibuka pada saat perawatan akar pohon, pemberian pupuk, dan air untuk pertumbuhan pohon itu sendiri (*).



4.  STORM INLET GRATES / STORMWATER GRATES (GRILL PENANGKAP AIR HUJAN)

Storm Inlet Grates memiliki banyak nama dalam versi Bahasa Indonesia, beberapa dari kita mengenalnya dengan nama:
1. Grill Tangkapan Air
2. Grill Tangkapan Air Hujan
3. Grill Tepi Jalan
dan lain-lain.

Di luar negeri sendiri, grates ini lebih dikenal dengan nama STORM INLET GRATES atau STORM WATER GRATES . Kenapa selalu ada kata " Storm" ; yang dalam Bahasa Indonesia diartikan cuaca yang ekstrim, hujan keras disertai angin kencang ?



Ini dikarenakan perannya yang sangat vital pada saat cuaca hujan ekstrim terjadi, dimana STORM INLET GRATES diharapkan dengan maksimal menyalurkan air di permukaan jalan yang menuju bahu jalan untuk sesegera mungkin masuki ke system drainase riol kota.




Mengapa memasukkan air hujan menjadi begitu penting ?

Ada 5 alasan utama, antara lain:
1. Mengurangi risiko kecelakaan di jalan.
Traksi ban kendaraan ke aspal/jalan beton akan berkurang jika ada air/genangan air, sehingga sistem pengereman kendaraan tidak dapat bekerja sempurna. Hal ini meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya.




2. Mengurangi kemacetan.
Jalan yang tergenang akan memicu kemacetan dikarenakan kapasitas jalan tidak maksimal akibat pengurangan laju kendaraan. Keadaan macet di jalan akan mengurangi produktifitas warga kota.


3. Tidak merusak Jalan
Air yang menggenang bisa merusak aspal atau beton berikut struktur jalan.
Jalan adalah investasi jangka panjang sebuah kota, dan menjadi infrastruktur utama disamping jaringan utilitas dan fasilitas seperti air bersih, listrik, gas, pedestrian, taman, plaza open space, dll.
Jalan yang terindikasi rusak, dengan mudah dapat merambat ke kerusakan jaringan utilitas dan fasilitas kota.


4. Higienis
Jalan yang menggenangkan air hujan, terlebih setelah lebih dari 2 hari setelah selesai hujan akan menjadi media incubator untuk kuman dan bakteri berkembang biak. 


Bakteri Escherchia Coli dan bakteri Leptospira; penyebab penyakit Leptospirosis menurut penelitian, akan signifikan peningkatan aktifitasnya di musim penghujan khususnya di genangan air.


5. Kenyamanan & Keindahan
Air yang menggenang di jalanan merusak kenyamanan dan keindahan kota.


Prinsip Desain STORM INLET GRATES 
1. Maksimal dengan cepat meneruskan air yang ada di bahu jalan / trenching bahu jalan ke dalam system drainase roil kota.
Untuk itu , SIG harus memiliki koefisien lubang yang baik min. 30% dari luas permukaannya.

2. Kuat untuk dilalui kendaraan.
Memiliki Bending Strength sesuai ketentuan dan klasifikasi.


3. Memiliki permukaan yang tidak licin.
Memiliki grip terhadap roda dan tidak licin bagi pejalan kaki.


4. Tidak menjebak roda kendaraan ringan/berat.

Desain grill / jalusi bisa dilalui roda kendaraan dengan baik. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Storm Inlet Grates / Grill Tangkapan Air Hujan adalah jenis grates yang menjadi momok atau jebakan bagi kendarangan ringan terutama sepeda. Oleh karenanya, di beberapa Negara maju sudah mengatur lebih detail mengenai desain jalusi/grill SIG agar tidak membahayakan pengguna sepeda dan kendaraan ringan beroda lainnya.

5. Tidak mudah aus /rusak.

6. Estetis & Filosofis.
Sebagai additional values, PLANZ mendesain STORM INLET GRATES dengan memenuhi studi nilai2 budaya lingkungan daerah setempat, meliputi; ragam hias, ragam ukir, aksara (huruf) dan Bahasa yang mencakup puisi / kata-kata nasehat bermuatan kearifan lokal.






Indonesia sebagai bangsa yang besar dengan nilai-nilai budaya, keberagaman ragam hias, seni ukir , aksara dan Bahasa maka dapat dipastikan kita memiliki sumber inspirasi desain mahakarya yang tak terhingga jumlahnya untuk digali lalu dikonversi menjadi desain aksesoris ruang publik (*).

--------------------------------
* untuk konsultasi & desain, silahkan menghub. kami di 0821 8877 6999



  















Komentar